Distro Linux untuk Pemula

Sudah mau pakai Linux? Berikut ini adalah pilihan Linux untuk pemula yang bisa kamu gunakan untuk  apapun keperluanmu. Baca artikel ini yuk!


Linux Untuk Pemula
Illustrasi : Linux Untuk Pemula

Sebagaimana artikel sebelumnya tentang alasan memilih Linux sekarang sekarang saatnya untuk menggunakan system operasi yang identik dengan penguin ini.

Pertanyaan besar setiap orang jika ingin menggunakan system operasi ini adalah
"Mudah gak pengoperasiannya?" "Cara dapatkannya gimana?" dan banyak pertanyaan lain.

Sebagai sistem operasi yang masih asing bagi sebagian orang, Linux menawarkan kelengkapan fitur yang justru bisa membingungkan bagi pengguna baru, namun beberapa distro justru sangatlah mudah bagi pengguna baru sekalipun, bahkan dengan komunitas yang semakin banyak, kita bisa memperoleh informasi ataupun bantuan dengan mudah jika mengalami kesulitan.

Ada ratusan jenis distro atau jenis Linux yang beredar yang bisa kita pilih untuk gunakan. Mungkin saja kamu asing dengan system operasi ini yang beberapa jauh berbeda dengan Windows, untuk itu saya akan memberikan ulasan beberapa Distro Linux yang cocok buat kamu yang baru akan memakai sistem operasi ini.

Yang perlu diingat

Beberapa Distro Linux yang saya informasikan mungkin sangat mudah dalam penggunaannya tetapi memerlukan keterampilan khusus dalam menginstallnya, terutama pada komputer/ laptop terbaru.

1. Ubuntu

Coba deh kalau ada kesulitan dalam linux, ketika mencari bantuan dengan mbah Google, biasanya yang akan mendominasi muncul adalah tutorial ataupun penanganan masalah adalah tentang Ubuntu.

ubuntu
Linux Ubuntu


Distro ini memang sangat populer di kalangan pengguna Linux. Bahkan banyak distro lain merupakan hasil dari pengembangan dari Ubuntu.

Dengan tampilan yang user-friendly saya yakin kamu tidak akan memerlukan waktu lama dalam beradaptasi dengan sistem operasi ini.

Mirror  Ubuntu juga tersedia di banyak daerah di Indonesia, yang artinya akan mempercepat proses download baik untuk Installer maupun Updater.

Proses instalasi yang sangat mudah dan tidak memerlukan waktu lama juga menyebabkan banyaknya orang awam Linux sekalipun memilih Distro yang dalam bahasa Afrika yang artinya kemanusiaan dan apabila didefinisikan dengan lengkap

Ikatan universal untuk saling berbagi yang menghubungkan seluruh umat manusia 

Dukungan paket aplikasi terhadap distro yang satu ini sangat lengkap. Sehingga hampir semua kebutuhan aplikasi kamu tersedia di Ubuntu.

Hal yang menyenangkan dari pengguna Ubuntu yang sudah merasakannya adalah system plug and play terhadap hardware baru, yang artinya kamu tidak perlu menginstall driver jika memasang perangkat baru yang umum digunakan seperti printer, scanner, web cam dan masih banyak lagi.

Bahkan Ubuntu sudah tersedia dalam versi Mobile dengan kata lain Ubuntu hadir di HP kamu layaknya Android yang juga dikembangkan dari Linux.

Ubuntu pun sudah merambah ke Artificial Inteligents dengan meluncurkan Ubuntu Core yang dipasang pada Robot maupun Drone dengan kemampuan extra.

Itulah sedikit dari kehebatan Ubuntu yang walaupun identik dengan pengguna Linux pemula, tapi juga menyiapkan teknologi yang mungkin berada di luar perkiraan kita.

Untuk informasi lebih lengkap tentang ubuntu silahkan data ke web resmi mereka di www.ubuntu.com atau kalau kamu ingin download silahkan langsung ke sini.

Untuk komunitas dalah bahasa Indonesia bisa mencoba ke website berikut:

Kebayangkan mudah dan asiknya pakai Ubuntu? 

Kalau kamu kesulitan, silahkan masuk ke website komunitas di atas atau boleh langsung komen di bagian paling bawah artikel ini.


2. Linux Mint

Sebagai Distro Linux yang sering nangkring di posisi teratas di distrowatch.com, Linux yang satu ini memang sangat cocok untuk pemula sekalipun. Tampilannya yang mirip dengan Windows 7 membuat beberapa orang yang sebelumnya terbiasa dengan Windows akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Linux yang identik dengan warnanya yang hijau ini, karena dengan penggunaan yang mudah tapi mendapatkan kelebihan dari Linux.

Linux Mint merupakan turunan dari Ubuntu, dengan kata lain apapun yang ada di Ubuntu juga akan ada di Mint di tambah lagi dengan aplikasi yang ditambahkan oleh Linux Mint.

linux Mint
Linux Mint


Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan Windows, distro Linux yang satu ini layak untuk dipertimbangkan. Tampilan yang sangat memudahkan bagi pengguna awam sekalipun menjadi nilai plus bagi Linux Mint.

Beberapa orang yang belum pernah menggunakan Linux sekalipun akan cepat beradaptasi dengan Linux Mint, inilah yang dikatakan Linux rasa Windows.

Walaupun turunan dari Ubuntu, Linux Mint menawarkan beberapa yang tidak bisa diperoleh instant di Ubuntu, misalnya saja codec Mp3 untuk memutar musik. Dan banyak aplikasi tambahan lain yang semakin memudahkan bagi pengguna awam Linux sekalipun, sehingga kita tidak perlu melakukan banyak konfigurasi atau optimisasi tambahan lainnya.

Dengan kemudahan yang ditawarkan Linux Mint ini, kira-kira kamu punya alasan apa ya untuk tidak segera menggunakan Linux?

Untuk bergabung dengan komunitas Linux Mint di Indonesia boleh bergabung di https://community.linuxmint.com/country/view/102

Atau kamu sudah tak sabar untuk mendownload Linux Mint ini? Silahkan ke https://www.linuxmint.com/download.php dan silahkan pilih sesuai dengan mesin dan selera tampilan kamu.


Oh iya, dalam Linux Mint ada 4 pilihan jenis Desktop yaitu Mate, Cinnamon, KDE dan XFCE.

Yang umum digunakan adalah Mate dan Cinnamon yang unik dimiliki oleh Linux Mint, jadi saya sarankan gunakan salah satu di antaranya.

3. Blankon Linux 

Kalau melihat dari namanya, sepertinya Linux ini made in Indonesia. Ya, kamu tidak salah, linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia ini merupakan salah satu Linux yang dikembangkan oleh Tim Lokal yang tidak dapat dipandangn sebelah mata.

Linux yang memang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan penggunaan sistem operasi terutama di perkantoran, pendidikan dan pemerintahan.

Di tahun 2017 ini Blankon Linux dengan versi Manokwari nya menawarkan tampilam Desktop yang simple tapi elegan dan mudah digunakan.

Blankon
Tampilan Baru Blankon Linux

Salah satu keunggulan di versi 2017 ini adalah fitur layar sentuh yang banyak dimiliki oleh komputer/ laptop zaman sekarang.

Dengan tampilan yang memudahkan untuk navigasi pencarian menu Distro Linux khas Indonesia ini juga layak untuk menjadi pilihan utama pengguna linux bahkan untuk yang awam sekalipun namun tetap tidak menghilangkan ciri khas Linux yang powerfull untuk apapun kebutuhan komputasi kamu.

Silahkan kunjungi https://www.blankonlinux.or.id/ untuk informasi lebih lengkap atau untuk mendownload.


4. Manjaro Linux.

Sama seperti Ubuntu, pada distro Linux ini, pengguna awam sekalipun akan sangat mudah menemukan tutorial maupun pemecahan masalah di komunitas pengguna Arch Linux yang merupakan dasar dari pengembangan Manjaro Linux.

Salah satu linux dengan penetrasi pengguna tertinggi di dunia ini, menawarkan salah satu kemudahan baik dari sisi penggunaan maupun teknis lainnya dengan pertumbuhan komunitas yang sangat cepat untuk mendukung kemudahan informasi penggunaan linux ini. Wajarlah kemudian jika Distro ini menjadikan "Enjoy the simplicity" sebagai line tags mereka, yang memang menawarkan kemudahan dalam penggunaan tampilan yang sederhana namun tetap powerfull.

Seperti Arch Linux, Manjaro Linux menggunakan metode Full Rolling Release  yang membuat kamu hanya perlu meng-update tanpa perlu menginstall ulang untuk mendapatkan versi terbaru dari Linux ini.

Manjaro
Linux Manjaro
Distro satu ini menyiapkan pilihan desktop yang bisa menyesuaian selera dan hardware yang kamu miliki, ada XFCE yang mendukung tampilan simple namun tetap mendukung hardware lawas sekalipun, atau ada cinnamon dan KDE yang menawarkan tampilan yang lebih mewah dan tentunya sangat didukung oleh hardware terbaru.

Dapatkan distro ini pada laman resmi https://manjaro.org/

Dan Akhirnya

Itulah pilihan distro linux yang cocok untuk pemula namun tetap menjadi pilihan para pengguna linux yang lebih berpengalaman, karena fungsi utama linux yang mengedepankan keterbukaan untuk pengembangan.

Kamu tinggal pilih linux mana yang kamu ingin gunakan, jika ada pertanyaan silahkan komen di bawah ini ya.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Comments